Selasa, 04 Mei 2010

Reuni Akbar I GAPPALA “Kebersamaan dalam Keluarga”

Pada usianya yang ke-20 tahun, UKM GAPPALA (Keluarga Pecinta Pengamat Lingkungan dan Alam) Duta Wacana melaksanakan sebuah kegiatan akbar yaitu REUNI ALUMNI GAPPALA. Acara ini diselenggarakan di Hotel Ngesti Laras, Kaliurang, pada tanggal 23 – 25 Oktober 2009 dengan tema “Kebersamaan dalam Keluarga”. Panitia yang diketuai oleh Freenando L. Sitorus (CD 17) juga bekerja sama dengan IKAGAP (Ikatan Alumni GAPPALA) yang saat itu diketuai oleh FX. Budi Purwanto (CD 04).

Acara ini dihadiri oleh alumni GAPPALA yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya yaitu datang dari Batam, Riau, Jambi, Banjarmasin, Bontang, Papua, dan beberapa daerah di Pulau Jawa. Total anggota GAPPALA yang hadir adalah 76 orang, di antaranya terdapat 47 orang alumni. Pada acara reuni ini ada juga anggota yang membawa keluarganya, yaitu istri/suami beserta anak-anaknya.

GAPPALA sendiri didirikan pada tanggal 23 September 1989 dan diresmikan sebagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) pada tanggal 22 Oktober 1989. Generasi pertama GAPPALA dimulai dari Candradimuka (CD) 0.

Ada ungkapan “tak kenal maka tak sayang”. Oleh karena itu, di hari pertama acara dimulai dengan perkenalan oleh para anggota GAPPALA yang hadir, dari CD 20 hingga CD 0. Sebelumya, anggota-anggota baru hanya mendengar nama dan cerita mengenai beberapa alumni dari anggota-anggota yang lebih senior. Tetapi setelah perkenalan, setiap anggota menjadi saling tahu dan mengenal.

Acara reuni memang dikonsep sesantai mungkin agar suasana keakraban dapat tercipta. Di antaranya yaitu kegiatan trekking yang dilaksanakan pada pagi hingga siang hari di hari kedua, dengan jalur melewati hutan di Kaliurang menuju lokasi wisata Tlogo Putri. Dan bersama-sama kembali ke hotel menaiki kereta wisata yang disebut dengan Kancil. Tiba di hotel, kegiatan dilanjutkan dengan permainan.

Namun, di sela-sela kegiatan santai terdapat sebuah acara formal yang membahas mengenai GAPPALA, perkembangan dan permasalahan yang sedang dihadapi. Walaupun begitu, perbincangan tetap dilakukan dengan santai. Selain itu, disediakan juga waktu khusus pada malam hari kedua untuk dapat berinteraksi dengan pihak kampus yang diwakili oleh Drs. Wimmie Handiwidjojo, M.I.T selaku Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

Panitia juga mengundang salah satu dosen yang cukup akrab dengan angkatan lama GAPPALA dan merupakan salah satu pendiri GAPPALA yaitu Dr. -Ing. Ir. Paulus Bawole, MIP. Beliau hadir didampingi oleh istri, Dra. Haryati Bawole Sutanto, M.Sc., yang cukup dekat juga dengan angkatan lama GAPPALA. Bincang-bincang berlangsung sangat hangat dan menimbulkan nostalgia bagi para alumni GAPPALA.

Di hari ketiga, dilaksanakan ibadah bersama yang dipimpin oleh salah seorang alumni GAPPALA, Bambang Cahyono.(CD 05). Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus IKAGAP yang baru. Ketua IKAGAP terpilih untuk periode 2009/2019 adalah F. Dani Haryanto L. (CD 01).

Acara terakhir yaitu acara penutupan yang dilaksanakan di gardu pandang Kaliurang. Pada acara penutupan ini masing-masing CD menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti reuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.